Minggu, 10 Mei 2015

Pemanfaatan aplikasi komputer dalam pembelajaran fisika



PEMANFAATAN APLIKASI KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

Disusun Oleh:
Nama : Hilda Annisa Chumairoh
Prodi : Pendidikan Fisika





Pengertian Komputer
 
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
















 Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

segala kegiatan yang terkait dengan pemprosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupunperangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.







Tujuan utama TIK dalam Fisika

  tujuan utama pemanfaatan TIK dalam sains (fisika) terbagi dalam empat cakupan wilayah yaitu: penanganan data, informasi, komunikasi, dan eksplorasi. Guna menunjang penggunaan TIK yang optimal perlu didukung perangkat lunak dan perangkat keras yang memadai. Kebutuhan akan peralatan pendukung dapat digolongkan menjadi 4 bagian yaitu: (1) peralatan pemasukan data dan video digital untuk menangkap data berupa gambar, (2) spreadsheets dan alat pembuat grafik untuk penanganan dan analisis data, (3) alat pemodelan dan simulasi termasuk animasi virtual, (4) sumber-sumber informasi seperti internet atau CD-ROMs.





Penerapan aplikasi komputer dalam pembelajaran Fisika

Penguasaan dalam menggunakan power point untuk penyajian (minimal mampu menggunakan variasi background-teks-warna-grafik, variasi custom animation, menggabungkan file, hyperlink, navigasi, insert picture-audio-videoinsert file flash dan insert file applet) dan koneksi internet untuk browsing gambar/animasi/video yang disisipkan pada power point tersebut. Software pendukung yang digunakan adalah Java Applet, Shockwave Player, Macromedia Flash, Quick Time Player dan Macromedia Breeze. Selain itu dibutuhkan pula software pendukung yang biasanya digunakan dalam editing foto/video seperti Ulead Video Studio, 3D Album, Xilisoft Video Converter dan Camtasia.




Model implementasi pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran dan Aktifitas di Laboratorium

Dapat digolongkan menjadi 3 yaitu : (1) MBL/CBL (Microcomputer Based Laboratory/Calculator Based Laboratory), (2) VBL/VBD (Video Based Laboratory/Video Based Demonstration), (3) SBL/ISE (Simulation Based Laboratory/Interactive Screen Experiment). Pada Microcomputer Based Laboratory (MBL) adalah penggunaan komputer yang difokuskan pada proses pencacatan data eksperimental fisika secara otomatis.








Aplikasi Pendukung Pembelajaran Fisika di dunia Maya

Berdasarkan fungsi dan pemanfaatannya, perangkat lunak tersebut dapat dikategorikan menjadi (1) animasi fisika: MS Powerpoint, Macromedia flash, (2) Simulasi fisika: PhET, Interactive physics, (3) Analisis Video: OSP Tracker, Logger Pro, (4) pemodelan dan simulasi: MS Excel, Modellus/Easy Java Simulation (EJS), (5) Data logging: Vernier LabPro, LabQuest, (6) Analisis grafik dan data: MS Excel, OSPdatatools. Beberapa software lainnya yang menarik untuk dicoba: Audacity, Overtone, Scope, Microsoft Student dan Microsoft Encarta.







Cabang dari teori dan praktek pendidikan yang terutama berkepentingan mendesain, mengendalikan proses belajar, mencakup kegiatan
1.  mempelajari kelemahan dan kelebihan suatu pesan dalam proses belajar;
penstrukturan dan sistematisasi oleh orang maupun instrumen dalam lingkungan pendidikan, meliputi : perencanaan, produksi, pemilihan, manajemen dan pemanfaatan dari komponen maupun keseluruhan sistem pembelajaran








Perkembangan TIK telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan.Menurut Rosenberg ada pergeseran dalam proses pembelajaraan
§  dari pelatihan ke penampilan,
§  dari ruang kelas ke di mana dan kapan saja,
§  dari kertas ke ”online” atau saluran,
§  fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja,
§  dari waktu siklus ke waktu nyata









Agar implementasi teknologi tersebut sinkron sekiranya perlu diintegrasikan ke dalam sistem pembelajaran melalui tahapan-tahapan
§  menentukan manfaat relatif,
§  menetapkan tujuan dan penilaian,
§  merancang strategi integrasi,
§  menyiapkan kondisi instruksional, dan
§  evaluasi dan perbaikan strategi integrasi.










Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Fisika
Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran Fisika, selain bertumpu pada interaksi user dengan teknologi itu sendiri juga terkait langsung dengan proses pembelajaran sains (fisika). Sudah bukan rahasia lagi, fisika dan matematika dipandang sebagai mata pelajaran yang sulit  dan “menakutkan” bagi sebagian besar peserta didik. Sesungguhnya hal ini lebih kepada persoalan interaksi peserta didik dan guru dalam penyampaian materi, dan bukan ilmu fisika nya yang bermasalah. Fisika sama halnya ilmu-ilmu yang lain bersifat netral.
Sebagian besar konsep fisika bersifat abstrak yang mungkin sangat sulit dipahami peserta didik. Keterbatasan alat-alat percobaan juga menjadi kendala, padahal dengan melakukan percobaan diharapkan siswa menjadi mudah memahami suatu konsep yang sulit. Untuk itu dalam penyajian pembelajaran di kelas guru fisika dituntut untuk dapat berkreasi dan menciptakan suasana kelas yang menyenangkan sehingga siswa tidak menjadi takut pada pelajaran fisika, bahkan dapat mengubah image pelajaran fisika itu sulit dan menakutkan, menjadi pelajaran yang disukai peserta didik. Bukan hal yang mudah bagi guru untuk membuat suasana kelas fisika menjadi kelas yang menyenangkan.


















1 komentar:

  1. The Sands Casino at Harrah's Hotel | Sega Genesis
    The Sands Casino at Harrah's Hotel is one 1xbet korean of the most popular casinos on the Atlantic City circuit. The 샌즈카지노 casino's 10,000-square-foot gaming space features 메리트 카지노 쿠폰

    BalasHapus