PEMANFAATAN
APLIKASI KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN FISIKA
Disusun
Oleh:
Nama
: Hilda Annisa Chumairoh
Prodi
: Pendidikan Fisika
Pengertian Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data
menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk
menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan
atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin
itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan
dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas
yang tidak berhubungan dengan matematika.
Pengertian Teknologi Informasi dan
Komunikasi
segala kegiatan yang terkait dengan pemprosesan,
manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah TIK muncul
setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupunperangkat lunak)
dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan
kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya.
Hingga awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum
terlihat titik jenuhnya.
Tujuan utama TIK dalam Fisika
Penerapan aplikasi komputer dalam
pembelajaran Fisika
Penguasaan dalam menggunakan power point untuk penyajian (minimal mampu
menggunakan variasi background-teks-warna-grafik, variasi custom
animation, menggabungkan file, hyperlink, navigasi, insert
picture-audio-video, insert file flash dan insert
file applet) dan koneksi internet untuk browsing gambar/animasi/video
yang disisipkan pada power point tersebut. Software pendukung yang digunakan
adalah Java Applet, Shockwave Player, Macromedia Flash, Quick Time Player dan
Macromedia Breeze. Selain itu dibutuhkan pula software pendukung yang biasanya
digunakan dalam editing foto/video seperti Ulead Video Studio,
3D Album, Xilisoft Video Converter dan Camtasia.
Model implementasi pemanfaatan TIK dalam
Pembelajaran dan Aktifitas di Laboratorium
Dapat digolongkan
menjadi 3 yaitu : (1) MBL/CBL (Microcomputer Based Laboratory/Calculator
Based Laboratory), (2) VBL/VBD (Video Based Laboratory/Video Based
Demonstration), (3) SBL/ISE (Simulation Based Laboratory/Interactive
Screen Experiment). Pada Microcomputer Based Laboratory (MBL)
adalah penggunaan komputer yang difokuskan pada proses pencacatan data eksperimental
fisika secara otomatis.
Aplikasi Pendukung Pembelajaran Fisika
di dunia Maya
Berdasarkan fungsi dan
pemanfaatannya, perangkat lunak tersebut dapat dikategorikan menjadi (1)
animasi fisika: MS Powerpoint, Macromedia flash, (2) Simulasi fisika: PhET,
Interactive physics, (3) Analisis Video: OSP Tracker, Logger Pro, (4) pemodelan
dan simulasi: MS Excel, Modellus/Easy Java Simulation (EJS), (5) Data logging:
Vernier LabPro, LabQuest, (6) Analisis grafik dan data: MS Excel, OSPdatatools.
Beberapa software lainnya yang menarik untuk dicoba: Audacity,
Overtone, Scope, Microsoft Student dan Microsoft Encarta.
Cabang dari teori dan praktek pendidikan
yang terutama berkepentingan mendesain, mengendalikan proses belajar, mencakup
kegiatan
1. mempelajari
kelemahan dan kelebihan suatu pesan dalam proses belajar;
penstrukturan
dan sistematisasi oleh orang maupun instrumen dalam lingkungan pendidikan,
meliputi : perencanaan, produksi, pemilihan, manajemen dan pemanfaatan dari
komponen maupun keseluruhan sistem pembelajaran
Perkembangan TIK telah memberikan
pengaruh terhadap dunia pendidikan.Menurut Rosenberg ada pergeseran dalam
proses pembelajaraan
§ dari
pelatihan ke penampilan,
§ dari
ruang kelas ke di mana dan kapan saja,
§ dari
kertas ke ”online” atau saluran,
§ fasilitas
fisik ke fasilitas jaringan kerja,
§ dari
waktu siklus ke waktu nyata
Agar implementasi teknologi tersebut
sinkron sekiranya perlu diintegrasikan ke dalam sistem pembelajaran melalui
tahapan-tahapan
§ menentukan
manfaat relatif,
§ menetapkan
tujuan dan penilaian,
§ merancang
strategi integrasi,
§ menyiapkan
kondisi instruksional, dan
§ evaluasi
dan perbaikan strategi integrasi.
Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran
Fisika
Pemanfaatan TIK dalam
pembelajaran Fisika, selain bertumpu pada interaksi user dengan
teknologi itu sendiri juga terkait langsung dengan proses
pembelajaran sains (fisika). Sudah bukan rahasia lagi, fisika dan
matematika dipandang sebagai mata pelajaran yang sulit dan “menakutkan”
bagi sebagian besar peserta didik. Sesungguhnya hal ini lebih kepada persoalan
interaksi peserta didik dan guru dalam penyampaian materi, dan bukan ilmu
fisika nya yang bermasalah. Fisika sama halnya ilmu-ilmu yang lain bersifat
netral.
Sebagian besar konsep
fisika bersifat abstrak yang mungkin sangat sulit dipahami peserta didik.
Keterbatasan alat-alat percobaan juga menjadi kendala, padahal dengan melakukan
percobaan diharapkan siswa menjadi mudah memahami suatu konsep yang sulit.
Untuk itu dalam penyajian pembelajaran di kelas guru fisika dituntut untuk
dapat berkreasi dan menciptakan suasana kelas yang menyenangkan sehingga siswa
tidak menjadi takut pada pelajaran fisika, bahkan dapat mengubah image pelajaran
fisika itu sulit dan menakutkan, menjadi pelajaran yang disukai peserta didik.
Bukan hal yang mudah bagi guru untuk membuat suasana kelas fisika menjadi kelas
yang menyenangkan.
The Sands Casino at Harrah's Hotel | Sega Genesis
BalasHapusThe Sands Casino at Harrah's Hotel is one 1xbet korean of the most popular casinos on the Atlantic City circuit. The 샌즈카지노 casino's 10,000-square-foot gaming space features 메리트 카지노 쿠폰